Anti Konten Negatif dengan Qlue

Di era modern dengan penyebaran informasi melalui dunia maya yang sangat cepat ini memungkinkan adanya konten yang tidak benar. Tentu saja pemerintah tidak tinggal diam akan hal ini. Kementrian Komunikasi dan Informatika (keminfo) baru saja menandatangani nota kesepahaman kerjasamanya dengan Qlue dengan meluncurkan dashboard yang berfungsi untuk melaporkan konten negatif.

Ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi konten negatif yang ada di dunia maya. Bagi masyarakat yang hendak melapor dipersilakan untuk mengunduh aplikasi Qlue. Dalam aplikasi itu, pelapor harus menyertakan bukti berupa foto atau rekaman konten yang akan dilaporkan. 

Nantinya akan ada notifikasi setiap tindakan yang diambil dalam laporan. Termasuk saat pelaporan tersebut sudah selesai diselidiki. saluran aduan konten sudah tersebar di beberapa tempat. Termasuk pada platform Twitter dan Facebook. 

Qlue menjadi saluran berikutnya untuk masyarakat bisa mengadu konten yang diduga negatif. Dia menjelaskan, dalam penindakan konten, Kominfo tidak bisa melakukan sendiri. Kominfo tidak bisa menyediakan superkomputer untuk melihat seluruh aktivitas masyarakat di dunia maya. Di sanalah peran masyarakat untuk ikut serta dalam melaporkan. Dia menekankan kerja sama semua pihak untuk menyediakan lingkungan bersih dalam ruang hidup, termasuk ruangan baru bernama ruang siber. 

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat dapat berkontribusi dalam mengatasi  konten-konten negatif di dunia maya.

Sumber:

https://www.liputan6.com/tekno/read/3629382/warganet-kini-bisa-adukan-konten-negatif-via-qlue

https://www.viva.co.id/digital/digilife/1068933-makin-mudah-lapor-konten-negatif-bisa-lewat-aplikasi-qlue