Google Stadia, platform video game dari Google yang menjanjikan

Bayangkan anda sedang menonton sebuah game di YouTube dan kalian menemukan trailer Assassin Creed terbaru di channel resmi Ubisoft. Lalu anda melihat tombol "Play Now" dan anda dapat memainkan game tersebut secara langsung didalam Browser hanya dengan menekan tombol tersebut. Menakjubkan bukan? Sebentar lagi, hal itu dapat terwujud dengan gaming platform terbaru dari Google, Stadia. Stadia adalah layanan "cloud gaming" yang dioperasikan oleh Google. Dengan Stadia, anda hanya perlu mengklik pada sebuah video YouTube atau link dan anda bisa memainkan game-nya secara instan. Tidak hanya berbasis cloud, Stadia memungkinkan streaming video game dengan resolusi 4K pada 60 frames per detik, lho. Hal ini juga mendukung high-dynamic-range video.

               Saat perilisan nanti, Stadia memungkinkan untuk bermain game melalui desktop, laptop, TV, tablet, dan handphone. Dengan Stadia, tidak ada pengontrol yang menjadi batas untuk ide kreatif developer dan tidak ada konsol game yang membatasi dimana gamers bisa bermain. Walaupun tidak ada konsol game khusus untuk bisa menggunakan Stadia, Google tetap menyediakan konsol game buatannya sendiri yang bernama The Stadia. The Stadia terdiri dari dua joystick, D-Pad, dan 4 tombol aksi (X, Y, A, dan B), kurang lebih seperti konsol game lainnya, sih. Namun, terdapat dua fitur tambahan untuk The Stadia ini. Yang pertama adalah tombol “Capture” untuk membagikan permainan anda langsung di Youtube dalam 4K pada 60 frames-per-second. Yang kedua adalah tombol “Google Assistant” yang memberikan akses langsung ke mikrofon yang terintegrasi dalam pengontrol untuk menikmati fungsi khusus dari game yang diintegrasikan oleh developer. The Stadia nantinya akan tersedia dalam 3 warna,  yaitu hitam, putih, dan hijau muda.

               Kabarnya, layanan Stadia dan juga controller-nya akan dirilis tahun ini di negara Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan sebagian besar Eropa. Saat ini masih belum ada spesifikasi yang diperlukan. Namun pastikan anda memiliki koneksi Wi-Fi yang sangat cepat ya, karena hal ini sangat diperlukan untuk memakai Stadia nantinya. Harga untuk controller-nya juga belum diperjelas oleh pihak Google tetapi yang pasti harganya sangat mahal.

Instagram : https://www.instagram.com/p/Bwq3omNlB6e/ 

Sumber : https://highlytechno.com.googles-stadia-gaming-platform-price-specifications